Tafsir Surah Al Baqarah Ayat 75-82

82. Dan orang-orang yang beriman[13] serta beramal saleh[14], mereka itu penghuni surga. Mereka kekal di dalamnya.[15]

[1] Baik dengan menafsirkannya dengan tafsir yang tidak benar setelah mengetahui makna yang sesungguhnya mapun dengan merubah lafaz-lafaznya, padahal mereka mengetahui bahwa mereka telah merubah firman Allah dengan sengaja dan berdusta. Terutama sekali yang mereka rubah adalah mengenai sifat-sifat Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam yang ada dalam Taurat.

[2] Yakni kaum munafik dari kalangan Ahlul Kitab.

[3] Sebagian Bani Israil yang mengaku beriman kepada Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam itu pernah bercerita kepada orang-orang Islam, bahwa dalam Taurat memang disebutkan tentang kedatangan Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, maka golongan lain menegur mereka dengan mengatakan: “Mengapa kamu ceritakan hal itu kepada orang-orang Islam sehingga hujjah mereka bertambah kuat?” Mereka takut menjadi bumerang bagi mereka.

[4] Mereka mengira bahwa kemunafikan yang mereka sembunyikan dan pembicaraan rahasia antara sesama mereka tidak ada yang mengetahui, maka Allah Subhaanahu wa Ta’aala membatalkan sangkaan tersebut dengan firman-Nya di atas.

[5] Kebanyakan bangsa Yahudi itu buta huruf, dan tidak mengetahui isi Taurat selain dari dongeng-dongeng yang diceritakan pendeta-pendeta mereka. Ayat di atas menyebutkan keadaan orang-orang Yahudi, baik pendetanya maupun kalangan awamnya. Para ulamanya berpegang dengan kesesatan, sedangkan kalangan awamnya hanya mengikuti tanpa ilmu, sehingga sangat sulit sekali diharapkan untuk beriman.

, , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *