Tafsir Surah Fathir Ayat 39-45

43. Karena kesombongan (mereka) di bumi dan karena rencana (mereka) yang jahat[18]. Rencana yang jahat itu hanya akan menimpa orang yang merencanakannya sendiri[19]. Mereka hanyalah menunggu (berlakunya) ketentuan kepada orang-orang yang terdahulu[20]. Maka kamu tidak akan mendapatkan perubahan bagi ketentuan Allah[21], dan tidak (pula) akan menemui penyimpangan bagi ketentuan Allah itu[22].

44. [23]Dan tidakkah mereka bepergian di bumi lalu melihat bagaimana kesudahan orang-orang sebelum mereka (yang mendustakan rasul), padahal orang-orang itu lebih besar kekuatannya dari mereka[24]? Dan tidak ada sesuatu pun yang dapat melemahkan Allah baik di langit maupun di bumi[25]. Sungguh, Dia Maha Mengetahui lagi Mahakuasa.

45. [26]Dan sekiranya Allah menghukum manusia disebabkan apa (dosa) yang telah mereka perbuat, niscaya Dia tidak akan menyisakan makhluk melata di bumi ini[27], tetapi Dia (Allah) menangguhkan (hukuman)nya, sampai waktu yang sudah ditentukan[28]. Nanti apabila ajal mereka tiba, maka Allah Maha Melihat (keadaan) hamba-hamba-Nya[29].

[1] Allah Subhaanahu wa Ta’aala memberitahukan tentang sempurnanya hikmah-Nya dan rahmat-Nya kepada hamba-hamba-Nya. Dia menentukan dengan qadar-Nya yang terdahulu, bahwa Dia menjadikan sebagian mereka menjadi pengganti bagi sebagian yang lain, mengutus pemberi peringatan untuk setiap umat, lalu Dia memperhatikan apa yang mereka kerjakan. Barang siapa yang kafir kepada Allah dan kepada apa yang dibawa para rasul-Nya, maka kekafiran itu akibatnya menimpa dirinya, demikian pula dosa dan hukumannya, dan tidak akan dipikul oleh seorang pun.

[2] Padahal hukuman apa yang lebih besar daripada kemurkaan Allah Yang Mahamulia.

[3] Mereka merugikan diri mereka dan amal mereka. Oleh karena itu, orang kafir senantiasa bertambah sengsara dan rugi, serta mendapatkan kehinaan baik di sisi Allah maupun di sisi manusia.

, , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *