Tafsir Surah Ash Shaaffaat Ayat 83-113

112. Dan Kami beri dia kabar gembira dengan (kelahiran) Ishaq seorang Nabi yang termasuk orang-orang yang saleh[35].

113. Dan Kami limpahkan keberkahan kepadanya dan kepada Ishaq[36]. Dan di antara keturunan keduanya ada yang berbuat baik[37] dan ada (pula) yang terang-terangan berbuat zalim terhadap dirinya sendiri[38].

[1] Maksudnya, Nabi Ibrahim ‘alaihis salam termasuk golongan Nabi Nuh ‘alaihis salam dalam keimanan kepada Allah dan pokok-pokok agama meskipun jarak zaman antara keduanya berjauhan.

[2] Maksudnya ialah mengikhlaskan hatinya kepada Allah dengan sesungguhnya, atau maksudnya datang kepada Allah dengan hati yang selamat dari syirk, syak (keraguan), syubhat dan syahwat yang menghalangi untuk memandang jernih kebenaran serta mengamalkannya. Jika hati seorang hamba sudah bersih dan baik, maka otomatis anggota badannya pun bersih dan baik. Oleh karena itulah, Beliau menasihati manusia karena Allah dan ia mulai dengan orang yang terdekatnya, yaitu bapaknya kemudian kaumnya.

[3] Pertanyaan ini maksudnya adalah mengingkari dan membuat mereka menerima hujjah.

[4] Bisa juga maksudnya, apakah kamu menyembah tuhan-tuhan selain Allah yang sebenarnya bukan tuhan dan tidak pantas diibadahi?

, , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *