Tafsir Surah Asy Syuura Ayat 1-12

11. (Allah) Pencipta langit dan bumi[32]. Dia menjadikan bagi kamu pasangan-pasangan dari jenis kamu sendiri[33], dan dari jenis hewan ternak pasangan-pasangan (juga)[34], dijadikan-Nya kamu berkembang biak dengan jalan itu. Tidak ada sesuatu pun yang serupa dengan Dia[35]. Dia Yang Maha Mendengar[36] dan Maha Melihat[37].

12. Milik-Nyalah perbendaharaan langit dan bumi[38]; [39]Dia melapangkan rezeki dan membatasinya[40] bagi siapa yang Dia kehendaki[41]. Sungguh, Dia Maha Mengetahui segala sesuatu[42].

[1] Allah Subhaanahu wa Ta’aala memberitahukan bahwa Dia menurunkan Al Qur’anul Karim kepada Nabi yang mulia Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagaimana Dia mewahyukan kepada para nabi dan para rasul sebelumnya. Di sana terdapat keterangan yang jelas tentang karunia-Nya dengan menurunkan kitab-kitab dan mengutus para rasul baik yang dahulu maupun setelahnya, dan bahwa Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bukanlah rasul yang baru, dan bahwa jalan Beliau adalah sama seperti jalan rasul-rasul sebelum Beliau, demikian pula keadaannya sama seperti keadaan para rasul sebelumnya. Apa yang Beliau bawa sama seperti yang mereka bawa, karena semuanya hak dan benar.

[2] Kitab Al Qur’an itu turun dari Tuhan yang memiliki sifat ketuhanan, keperkasaan dan kebijaksanaan.

[3] Yakni milik-Nya, ciptaan-Nya dan hamba-Nya. Semuanya di bawah pengaturan-Nya baik yang bersifat qadari (ketetapan-Nya terhadap alam semesta) maupun syar’i (ketetapan-Nya dalam agama).

[4] Baik zat-Nya, kedudukan-Nya maupun kekuasaan-Nya.

, , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *